Wednesday, April 10, 2013

PTK Biologi SMA (Angket Siswa)


Hasil Penelitian
DAYA SERAP SISWA TERHADAP MATERI BIOLOGI KELAS X SMAN 5 KAIRATU

Oleh : Samad Hehanussa, S.Pd

Untuk mengetahui daya serap siswa terhadap materi- materi biologi  yang telah saya ajarkan, sekaligus menjadi  masukan dan refleksi saya dalam pembelajaran,maka saya mencoba melakukan penelitian dengan  memfasilitasi siswa membuat angket sederhana dan sekaligus mengisinya sendiri dan tidak boleh melihat/menyontek/berdiskusi dengan temannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan idividu siswa dalam memahami pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1. Saya mengintruksikan siswa untuk melihat-lihat materi pelajaran Biologi pada LKS Kelas X SMA Semester 2  yang telah diajarkan pada tatap muka sebelumnya
2.  Kemudian materi –materi pelajaran tersebut mereka kelompokan berdasarkan tingkatan kemampuan mereka dalam memahaminya, yaitu  materi sulit, materi sedang, dan materi mudah.
Dengan memberikan alasannya, kenapa materi ini sulit, sedang, atau mudah dipahami.

Materi-Materi pelajaran kelas X semester 2 yang digunakan dalam penelitian ini yakni;
1. Keanekaragaman Hayati
2. Dunia Tumbuhan
3. Dunia Hewan

Dari materi-materi tersebut tiap siswa boleh memilih lebih dari satu item  untuk dikelompokan kedalam kategori materi sulit, materi sedang, dan materi mudah.   

Berikut adalah hasil yang di dapat setelah dikumpulkan dan diperiksa:

Jumlah siswa menjadi sampel penelitian ini adalah 56 orang.


Dari tabel  di atas diperoleh hasil sebagai berikut;
1. Materi Dunia Hewan adalah materi yang sulit dipahami siswa dengan jumlah siswa yang  mengelompokannya kedalam kategori sulit  berjumlah 11 orang, materi sedang 0, dan materi mudah  3 orang.
2. Materi Dunia Tumbuhan tergolong materi sedang bagi siswa, terlihat jumlah siswa  yang mengelompokannya kedalam kategori sulit  berjumlah 4 orang, materi sedang 10, dan materi mudah  5 orang.
3. Materi Keanekaragaman Hayati tergolong materi mudah bagi siswa, terlihat jumlah siswa  yang mengelompokannya kedalam kategori sulit  berjumlah 6 orang, materi sedang 3, dan materi mudah  13 orang.





Berikut  adalah beberapa alasan atau latar belakang mereka memilih item-item tersebut sebagai materi  yang sulit dipahami, sedang dipahami dan mudah dipahami.

Siswa 1 :
Alasan saya mengelompokan materi  Dunia Hewan kedalam kategori materi sulit, karena yang kita pelajari adalah berbagai macam jenis hewan yang ada di muka bumi, selain itu kita harus tahu pula  ukurannya, bentuk tubuhnya, strukturnya, cara hidup dan habitatnya, reproduksinya, klasifikasinya serta manfaatnya bagi manusia, bagi saya materinya sangat padat dan sukar untuk dipahami.


Siswa 2 :
Materi Dunia Tumbuhan bagi saya adalah materi sedang, karena di sekitar kita banyak terdapat tumbuhan-tumbuhan tersebut , mulai dari lumut, paku dan tumbuhan berbiji, sehingga hampir setiap saat kita bis mengamatinya dengan demikian mudah untuk dipelajari dan dipahami.



Siswa 3 :
Saya menganggap materi Keanekaragaman Hayati adalah materi yang mudah, karena selain berbicara tentang alam sekitar dan makhluk hidup, isi dari materi ini banyak kesamaannya dengan materi-materi pelajaran  geografi.  


Demikian tulisan saya mengenai penelitian sederhana yang saya lakukan, semoga bermanfaat bagi bapak ibu guru biologi dalam upaya untuk mencerdasakan anak bangsa di kelas masing-masing.


Catatan :

1. Kecerdasan siswa di setiap sekolah berbedah, jadi hasil di atas tidak mutlak untuk dijadikan patokan dalam pembelajaran.
2. Kemampuan guru (Metode, Strategi) dalam pembelajaran  sangat mempengaruhi daya serap siswa terhadap materi yang diajarkan.



baca juga :Kode Etik Guru Indonesia




Comments
4 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

4 comments:

Popular Posts