Thursday, April 11, 2013

UNSUR-UNSUR YANG DIBUTUHKAN TANAMAN




Unsur – unsur yang dibutuhkan oleh jaringan tanaman dikelompokan menjadi dua, yaitu garam – garam  anorganik dan zat-zat organik.
  • Garam-garam Anorganik

Setiap tanaman membutuhkan paling sedikit 16 unsur untuk pertumbuhannya yang normal. Tiga unsur diantaranya adalah C, H, dan O yang diambil dari udara, sedangakn 13 unsur lainnya berupa pupuk yang dapat bdiberikan melalui akar atau melalui daun. Semua unsur unsur tersebut dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhananya. Ada unsur yang dibutuhkan dalam jumlah besar yang disebut dengan unsur makro, ada pula yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit tetapi harus tersedia yang disebut dengan unsur mikro.
Jenis-jenis yang termasuk unsur makro adalah Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Sulfur (S), Kalsium (Ca), dan Magnesium (Mg). Unsur NPK (Nitrogen-Fosfor-Kalium) adalah unsur yang mutlak dibutuhkan oleh tanaman, yang berarti harus selalu tersedia. Sedangkan unsur S, Ca, dan Mg boleh ada atau boleh tidak, tetapi karena fungsinya sangat mendukung pertumbuhan jaringan maka akan lebih baik apabilah unsur-unsur tersebut juga tersedia. Unsur-unsur yang termasuk dalam unsur mikro adalah Klor (Cl), Mangan (Mn), Besi (Fe), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Bor (B), dan Molibdenum (Mo). Unsur-unsur makro biasanya diberikan dalam bentuk NH4NO3, KNO3, CaCl2, 2H2O, MgSO4, 7H2O, dan KH2PO4. Sedangkan unsur-unsur mikro biasa diberikan dalam bentuk MnSO4, 4H2O, ZnSO4, H3BO3, KJ, NaMoO4, 2H2O, CuSO4, 5H2O, dan CoCl26H2O.
  • Zat-zat Organik

Zat organik yang dibutuhkan tanaman diantaranya adalah sukrosa, mio-inositol, vitamin, asam-asam amino dan zat pengatur tubuh.


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts